Menantang Diri Sendiri di 30HariNonstopNgeblog

26 Aug 2013

Pertengahan bulan Juni lalu, Pakdhe Cholik, seorang blogger yang saya hormati menerbitkan tulisan di blognya yang berjudul Membuat Kebiasaan Baik Dalam 30 Hari. Inti dari tulisan ini adalah kebiasaan baik bisa dibentuk jika dilakukan setiap hari dan Pakdhe mengajak kita (pembaca) melakukan kebiasaan baik dalam hal blogging, yaitu menulis sebuah tulisan minimal 200 kata setiap hari. Jika kebiasaan menulis ini bisa kita lakukan dengan baik, maka kita akan terbiasa menulis setiap harinya. Postingan Pakdhe ini mungkin untuk memacu blogger yang membiarkan blognya lumutan dan hampir jadi tempat syuting Dunia Lain hehe.

Sepertinya hal yang sepele ya, cuma menulis sebuah tulisan pendek. Akan tetapi, percaya deh, ini sulit banget dilakukan. Apalagi oleh (yang ngakunya) blogger yang sangat mengandalkan mood dalam menulis seperti saya. Alasan sibuk dan tidak ada waktu merupakan alasan klasik yang cetar membahana ketika saya membiarkan blog tercinta tidak berisi tulisan baru untuk waktu yang cukup lama. Padahal sebenarnya, kalau mau jujur, saya bisa kok menulis setiap hari, apalagi cuma tulisan dengan minimal 200 kata (nggaya.com)

Karena tulisan Pakdhe itu, saya jadi berpikir bisa gak ya konsisten menulis setiap hari. Yup, kuncinya memang cuma konsisten, sedangkan kalau untuk ide, insyaAllah bisa kok dicari-cari dan digali-gali, jangan berpikir dengan kualitasnya dulu ya hehe yang penting nulis aja.

Eh, ternyata di bulan Juli, saya masih menikmati sebagai blogger angin-anginan. Tergantung mood dan tulisannya pun hampir semua untuk mengikuti giveaway haha. Ahay, ketahuan deh kalau suka ikutan giveaway *nyengir manis. Dan ketika di awal bulan Agustus saya melihat woro-woro tentang adanya Tantangan Ngeblog selama 30 hari di blogdetik. Oh yeah, saya tertarik untuk ikutan. Walau awalnya ragu juga karena tantangan ini mengharuskan membuat akun di blogdetik. Huft, satu blog baru lagi, kira-kira bisa mengurusnya gak ya? Itu pertanyaan saya pada diri sendiri.

Tetapi kalau tidak dicoba, kapan lagi saya bisa menantang diri sendiri untuk menaklukan mood menulis yang naik turun ini. Yup, benar banget, pada akhirnya saya mengikuti Tantangan 30 hari Nonstop Ngeblog ini dan tujuan utamanya memang untuk menantang diri sendiri. Menantang diri sendiri untuk menulis minimal 350 kata setiap harinya. Menaklukan diri sendiri memangkas waktu berleha-leha di depan televisi atau asyik masyuk dengan facebook.

Dan saya sudah berhasil selama 10 hari pertama, wow sebuah prestasi yang luar biasa untuk saya. Senang banget rasanya. Dan setelah hari ini, selain mengisi blog ini untuk tantangan 30 hari nonstop ngeblog, saya akan berusaha mengisi blog-blog lain supaya tidak lumuten. Ah, dan tentu saja memperbaiki kualitas tulisan agar semakin hari semakin baik. Pengen dong mencicipi jadi headline di blogdetik. Semoga saja saya bisa menjaga konsistensi dan komitmen dalam menulis.

Yuk, menulis dan berbagi bersama ^_^


TAGS 30HariNonstopNgeblog Ngeblog Menantang Kebiasaan baik


-

Author

Follow Me